|
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks Hasil Observasi
Tema :
Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema : Cinta Lingkungan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Tatap Muka)
A. Kompetensi Dasar
No. KD
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2
|
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
|
-
|
2.4
|
Memiliki perilaku jujur, tanggung
jawab, dan santun dalam memaparkan langkah-langkah
suatu proses berbentuk linier
|
-
|
3.3
|
Mengklasifikasi
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1) Mengidentifikasi teks berdasar
kalimat baku
2) Mengidentifikasi unsur kebahasaan
(kata dasar dan kata berimbuhan) teks
|
4.2
|
Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1)
Membuat kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar
yang diamati
2)
Membuat kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar
yang diamati
|
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami
informasi secara lisan dan tulis sebagai
bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.
Siswa
menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (observasi).
3.
Siswa
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam membaca teks observasi.
4.
Siswa
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam
menanggapi hasil diskusi struktur teks dan isi teks
observasi.
5.
Siswa
menunjukkan perilaku santun dalam
menanggapi hal-hal atau kejadian (observasi).
6.
Diberikan teks kombinasi,
siswa dapat memasangkannya dengat tepat.
7.
Diberikan
model gambar, siswa dapat menulis kalimat deskriptif dan kalimat definisi.
C. Materi Pembelajaran
1.
Teks deskripsi
2.
Teks definisi
3.
Gambar lingkungan sekitar
4. Kata imbuhan
dan kata baku
D. Metode Pembelajaran
pasang, pasangan, cari
(P2C)
E. Media Pembelajaran
1.
Gambar lingkungan
sekitar
2.
Teks deskripsi diketik di kertas A4 dipisahkan antara kata yang
dideskripsikan dan kalimat paparannya.
3.
Teks definisi diketik di kertas A4 dipisahkan antara kata yang
didefinisikan dan kalimat penjelasnya.
4.
Tabel proses
pembentukan kata diketik dikertas A4.
No
|
Proses Pembentukan Kata
|
Bentukan Kata (Kata Dasar)
|
1
|
|
|
...
|
|
|
5.
Tabel pendataan kata baku diketik dikertas A4.
No
|
Kata Baku
|
Kata Tidak Baku
|
1
|
|
|
...
|
|
|
F. Sumber Belajar
·
Zabadi,
Fairul. dkk. 2013. Bahasa Indonesia
Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pembelajaran dilakukan satu kali pertemuan (2x4= 80
menit)
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
|
2 menit
|
2
|
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
5 menit
|
3
|
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
3 menit
|
b. Kegiatan inti (60 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari
5 anggota
|
1 menit
|
2
|
Siswa mendapat teks deskripsi dan definisi acak untuk
memasangkan kata yang dideskripisan dan penjelasnya serta kata yang
didefinisikan dan kalimat penjelasnya, dengan sikap tanggung jawab, santun, jujur, dan
responsif
|
2 menit
|
3
|
Siswa berdiskusi untuk memasangkan teks bersama
kelompok
|
7 menit
|
4
|
Dengan sikap
jujur, tanggung jawab, dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok saling mengoreksi hasil diskusi
kelompok lain
|
10 menit
|
5
|
Siswa dengan bimbingan guru membahas bersama pasangan
teks yang tepat
|
10 menit
|
6
|
Siswa diajak
keluar kelas untuk menulis kalimat deskripsi dan definisi berdasar lingkungan
yang dilihat disekitar
|
15 menit
|
7
|
Siswa mendata kata dasar dan bukan kata dasar dari
kalimat yang telah dibuat berdasar tabel yang telah disediakan guru
|
5 menit
|
8
|
Siswa
mengidentifikasi kata baku dari kalimat yang telah dibuat
|
10 menit
|
|
|
|
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
|
2 menit
|
2
|
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
|
3 menit
|
3
|
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
|
3 menit
|
4
|
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
|
2 menit
|
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes
Uraian dan penugasan
|
2. Instrumen
Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Kreatif
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
Tes Tertulis
Tes
Uraian
1. Tulislah kalimat deskripsi dan
definisi berdasar lingkungan yang kamu amati!
2. Datalah kata dasar dan kata berimbuhan
dari kalimat yang telah kamu buat berdasar tabel berikut!
No
|
Proses Pembentukan Kata
|
Bentukan Kata
|
1
|
|
|
...
|
|
|
3. Data juga kata-kata baku dan tidak
baku dari kalimat yang telah kamu buat berdasar tabel berikut!
No
|
Kata Baku
|
Kata Tidak Baku
|
1
|
|
|
...
|
|
|
3. Rubrik Penilaian
KD
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
Ket.
|
3.3 Mengklasifikasi teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1) Mengidentifikasi
teks berdasar kalimat baku
|
- Mampu mengidentifikasi
lebih dari 5 kata baku
- Mampu mengidentifikasi 5
kata baku
- Mampu mengidentifikasi kurang
dari 5 kata baku
|
3
2
1
|
|
2) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (kada dasar dan
kata berimbuhan) teks
|
- Mampu mengidentifikasi
lebih dari 5 kata dasar dan berimbuhan
- Mampu mengidentifikasi 5
kata dasar dan berimbuhan
- Mampu mengidentifikasi
kurang dari 5 kata dasar dan
berimbuhan
|
3
2
1
|
|
|
4.2 Menyusun teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1) Membuat kalimat deskripsi berdasar lingkungan
sekitar yang diamati
|
- Mampu membuat lebih dari 5
kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat 5 kalimat
deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat kurang dari 5
kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
|
3
2
1
|
|
2) Membuat
kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
|
- Mampu membuat lebih dari 5
kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat lebih dari 5
kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat lebih dari 5
kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
|
3
2
1
|
|
|
||||
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar