Translate

Jumat, 13 September 2013

RPP kelas 7 kurikulum 2013, 2


memasangkan (8), deskripsi (13), definisi (15), imbuhan (13), baku (16)
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan      : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok              : Teks Hasil Observasi
Tema                                       : Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema                      : Cinta Lingkungan
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit (1 x Tatap Muka)

A. Kompetensi Dasar

No. KD
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

-
2.4
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linier
-
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1)   Mengidentifikasi teks berdasar kalimat baku
2)   Mengidentifikasi unsur kebahasaan (kata dasar dan kata berimbuhan) teks
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan


1)   Membuat kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
2)   Membuat kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati


B. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.      Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (observasi).
3.      Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam membaca teks observasi.
4.      Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam  menanggapi hasil diskusi struktur teks dan isi teks observasi.
5.      Siswa menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (observasi).
6.       Diberikan teks kombinasi, siswa dapat memasangkannya dengat tepat.
7.      Diberikan model gambar, siswa dapat menulis kalimat deskriptif dan kalimat definisi.

C.  Materi Pembelajaran
1.      Teks deskripsi
2.      Teks definisi
3.      Gambar lingkungan sekitar
4.      Kata imbuhan dan kata baku

D.  Metode Pembelajaran
            pasang, pasangan, cari (P2C)

E.  Media Pembelajaran
1.    Gambar lingkungan sekitar
2.    Teks deskripsi diketik di kertas A4 dipisahkan antara kata yang dideskripsikan dan kalimat paparannya.
3.    Teks definisi diketik di kertas A4 dipisahkan antara kata yang didefinisikan dan kalimat penjelasnya.
4.    Tabel proses pembentukan kata diketik dikertas A4.
No
Proses Pembentukan Kata
Bentukan Kata (Kata Dasar)
1


...



5.  Tabel pendataan kata baku diketik dikertas A4.
No
Kata Baku
Kata Tidak Baku
1


...



F.  Sumber Belajar
·         Zabadi, Fairul. dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pembelajaran dilakukan satu kali pertemuan (2x4= 80 menit)

a.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2 menit
2
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
5 menit
3
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3 menit


b.  Kegiatan inti (60 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 anggota
1 menit
2
Siswa mendapat teks deskripsi dan definisi acak untuk memasangkan kata yang dideskripisan dan penjelasnya serta kata yang didefinisikan dan kalimat penjelasnya, dengan sikap tanggung jawab, santun, jujur, dan responsif
2 menit
3
Siswa berdiskusi untuk memasangkan teks bersama kelompok
7 menit
4
Dengan sikap jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok saling mengoreksi hasil diskusi kelompok lain
10 menit
5
Siswa dengan bimbingan guru membahas bersama pasangan teks yang tepat
10 menit
6
Siswa diajak keluar kelas untuk menulis kalimat deskripsi dan definisi berdasar lingkungan yang dilihat disekitar
15 menit
7
Siswa mendata kata dasar dan bukan kata dasar dari kalimat yang telah dibuat berdasar tabel yang telah disediakan guru
5 menit
8
Siswa mengidentifikasi kata baku dari kalimat yang telah dibuat
10 menit





c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2 menit
2
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
3 menit
3
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
3 menit
4
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2 menit
H.  Penilaian
1.  Teknik Penilaian
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Uraian dan penugasan

2.  Instrumen Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
Kreatif
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.






















2.






















3.






















….























Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

Tes Tertulis
Tes Uraian
1.      Tulislah kalimat deskripsi dan definisi berdasar lingkungan yang kamu amati!
2.      Datalah kata dasar dan kata berimbuhan dari kalimat yang telah kamu buat berdasar tabel berikut!
No
Proses Pembentukan Kata
Bentukan Kata
1


...



3.      Data juga kata-kata baku dan tidak baku dari kalimat yang telah kamu buat berdasar tabel berikut!
No
Kata Baku
Kata Tidak Baku
1


...




3.  Rubrik Penilaian
KD
Indikator
Deskriptor
Skor
Ket.
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1) Mengidentifikasi teks berdasar kalimat baku

- Mampu mengidentifikasi lebih dari 5 kata baku
- Mampu mengidentifikasi 5 kata baku
- Mampu mengidentifikasi kurang dari 5 kata baku
3

2

1

2) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (kada dasar dan kata berimbuhan) teks
- Mampu mengidentifikasi lebih dari 5 kata dasar dan  berimbuhan
- Mampu mengidentifikasi 5 kata dasar dan  berimbuhan
- Mampu mengidentifikasi kurang dari 5 kata dasar dan  berimbuhan
3


2

1

4.2  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1) Membuat kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati

- Mampu membuat lebih dari 5 kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat 5 kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat kurang dari 5 kalimat deskripsi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
3


2


1

2)  Membuat kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat lebih dari 5 kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat lebih dari 5 kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati
- Mampu membuat lebih dari 5 kalimat definisi berdasar lingkungan sekitar yang diamati

3


2


1


…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia,



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
 
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar