memahami teks observasi+susunan, menulis observasi brdasr pngalaman,
mengurutkan teks observasi acak
|
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema : Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema : Pelestarian Biota Laut
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A. Kompetensi Dasar
No. KD
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.3
|
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
Terintegrasi pada KD 3 dan 4
|
2.1
|
Memiliki perilaku jujur, tanggung
jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian
berdasarkan hasil observasi
|
|
3.3
|
Mengklasifikasi teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1) Mengidentifikasi susunan teks hasil observasi berdasar
susunan (bagian umum, penjelas, dan manfaat) teks hasil observasi
2) Menentukan susunan teks hasil
observasi berdasar susunan teks hasil observasi
|
4.2
|
Menyusun teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1)
Mengurutkan teks observasi acak berdasar susunan teks
hasil observasi
2)
Menulis teks hasil observasi sesuai susunan teks
observasi
|
B. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami
informasi secara lisan dan tulis sebagai
bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.
Siswa
menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (tema tentang biota laut).
3.
Siswa dengan sikap responsif dan kreatif mengenali teks
laporan hasil observasi dan praktik menulisnya.
4.
Siswa
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam membaca teks
observasi.
5.
Diberikan model dua teks, siswa dapat membedakan teks
observasi dan bukan teks observasi.
6.
Siswa mengidentifikasi teks hasil observasi, berdasarkan
susunan teks hasil observasi.
7.
Dengan sikap jujur dan tanggung jawab, siswa menentukan
susunan teks hasil obsevasi.
8.
Dengak sikap responsif dan kreatif siswa menulis teks
hasil observasi.
C. Materi Pembelajaran
1.
Susunan teks hasil observasi
Tabel susunan teks observasi
Bagian Teks Hasil Observasi
|
Kalimat
|
Bagian Umum
|
|
Bagian Penjelas
|
|
Bagian manfaat
|
|
2.
Teks observasi 1 berjudul Ikan Laut dan teks observasi 2 berjudul Biota Laut. *teks terlampir
3.
Teks non-observasi 1 berjudul Kehidupan Sekitar Laut dan teks non-observasi
2 berjudul Karang Laut. *teks terlampir
D. Metode Pembelajaran
libat, tulis, diskusi, kerja
(litudija)
E. Media Pembelajaran
1. Dua teks hasil observasi diketik dikertas A4 sebanyak 10 lembar.
2. Dua teks non-observasi
diketik dikertas A4 sebanyak 10 lembar.
3. Kertas kosong (kertas ukuran A4
dipotong menjadi dua).
4. Teks observasi acak (teks
dipotong-potong dimasukkan ke dalam amplop).
5. Tabel susunan teks hasil observasi.
F.
Sumber Belajar
·
Zabadi,
Fairul, dkk. Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. 2013. Jakarta: Kemendikbud (hlm. 21).
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (80 menit)
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
|
2 menit
|
2
|
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 menit
|
3
|
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
3 menit
|
b. Kegiatan inti (60 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa menyimak cerita tentang biota laut
|
5 menit
|
2
|
Siswa membaca dua teks (observasi dan non-observasi) yang
telah disediakan guru untuk mengidentifikasi teks hasil observasi, dengan sikap tanggung jawab dan
santun.
|
5 menit
|
3
|
Siswa membentuk kelompok, 1 kelompok beranggotakan 5
orang
|
1 menit
|
4
|
Siswa mendiskusikan teks yang telah dibaca sebelumnya
bersama kelompok
|
10 menit
|
5
|
Dengan sikap
jujur, tanggung jawab, dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok melaporkan
hasil diskusinya.
|
5 menit
|
6
|
Dengan sikap
kreatif dan responsif kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan
|
5 menit
|
7
|
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi kedua teks
bersama-sama untuk menentukan susunan teks hasil observasi
|
10 menit
|
8
|
Siswa
mengidentifikasi dua teks baru (teks dari guru) untuk menentukan teks hasil
observasi berserta susunannya
|
10 menit
|
9
|
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dengan
sikap jujur, kreatif, dan responsif
|
5 menit
|
10
|
Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
|
4 menit
|
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
|
2 menit
|
2
|
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
|
3 menit
|
3
|
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
|
3 menit
|
4
|
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
|
2 menit
|
2. Pertemuan Kedua (80 menit)
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
|
2 menit
|
2
|
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 menit
|
3
|
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
3 menit
|
b. Kegiatan inti (60 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa dipancing untuk menuliskan pengetahuannya tentang
biota laut
|
2 menit
|
2
|
Siswa mendaftar kata-kata yang berkaitan dengan biota
laut
|
3 menit
|
3
|
Siswa membuat kalimat dari kata-kata yang telah didata
|
5 menit
|
4
|
Siswa merangkai kata-kata menjadi paragraf
|
10 menit
|
5
|
Siswa membacakan tulisan yang telah dibuat
|
5 menit
|
6
|
Hasil
tulisan no.5 diidentifikasi berdasar susunan teks hasil observasi yang telah
dipelajari dipertemuan sebelumnya
|
10 menit
|
7
|
Siswa berpasangan mengurutkan teks hasil observasi yang
acak
|
10 menit
|
8
|
Siswa
menukarkan hasil diskusi pasangan (no.7) kepasangan lain untuk dikoreksi
bersama
|
10 menit
|
9
|
Hasil
tulisan no.4 diperbaiki berdasar susunan teks hasil observasi yan telah
dipelajari bersama
|
5 menit
|
|
|
|
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
||
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
|
2 menit
|
2
|
Bersama guru, siswa
mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
dialami proses pembelajaran
|
3 menit
|
3
|
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
|
3 menit
|
4
|
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
|
2 menit
|
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes
Uraian dan penugasan
|
2. Instrumen
Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Kreatif
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
Tes Tertulis
Tes
Uraian
1. Berdasar pengalaman dan pengamatanmu
tentang biota laut, tuliskan hal apa saja yang kamu ketahui tentang biota laut!
2. Urutkan teks berikut berdasar susunan
teks hasil observasi!
Tabel susunan teks hasil observasi
Susunan Teks Hasil Observasi
|
Kalimat
|
Bagian umum
|
|
Bagian penjelas
|
|
Bagian manfaat
|
|
* Kalimat sesui dengan teks
3. Rubrik Penilaian
KD
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
Ket.
|
3.3 Mengklasifikasi teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1) Mengidentifikasi susunan teks hasil
observasi berdasar susunan (bagian umum, penjelas, dan manfaat) teks hasil observasi
|
- Mampu mengidentifikasi
ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu mengidentifikasi dua
susunan teks observasi
- Mampu mengidentifikasi salah
satu susunan teks observasi
|
3
2
1
|
|
2) Menentukan
susunan teks hasil observasi berdasar susunan teks hasil observasi
|
- Mampu menentukan ketiga
susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu menenetukan dua
susunan teks observasi
- Mampu menenetukan salah
satu susunan teks observasi
|
3
2
1
|
|
|
4.2 Menyusun teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1) Mengurutkan teks observasi acak berdasar susunan
teks hasil observasi
|
- Mampu mengurutkan teks
berdasar ketiga susunan teks observasi secara tepat (bagian umum, penjelas,
dan bagian manfaat)
- Mampu mengurutkan teks
berdasar ketiga susunan teks observasi tetapi kurang tepat
- Mampu mengurutkan teks
berdasar ketiga susunan teks observasi tetapi tidak tepat sama sekali
|
3
2
1
|
|
2) Menulis teks
hasil observasi sesuai susunan teks observasi
|
- Mampu menulis teks hasil observasi berdasar
ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu menulis teks hasil observasi hanya
mencakup dua susunan teks observasi
- Mampu menulis teks hasil observasi hanya
mencakup salah satu susunan teks observasi
|
3
2
1
|
|
Mengetahui,
Kepala
...............……………
(__________________________)
NIP / NIK :
..........................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia,
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
Lampiran teks
1.
Teks observasi 1, Ikan Laut.
Ikan Laut
Indonesia memiliki laut yang sangat luas, hampir sebagian
besar negara Indonesia terdiri dari laut-laut yang membentang luas. Bahkan laut
menjadi sumber penghasilan masyarakat Indonesia dalam mencari nafkah. Di dalam
laut banyak sekali biota yang hidup, tidak hanya tumbuham tapi juga hewan
terutama ikan yang sangat banyak jumlahnya.
Ikan hiu adalah jenis ikan yang memakan ikan dan hewan
laut lainnya, berbentuk torpedo, bertulang rawan, kulit tidak bersisik, tetapi
berduri kecil-kecil yg mengarah ke belakang, mulutnya terletak di kepala bagian
bawah, ikan hiu memiliki gigi yang banyak, biasanya diburu manusia untuk
diambil minyak dan kulitnya. Ikan teri adalah jenis ikan di laut yang berukuran
kecil. Ikan teri biasanya hidup bergerombol untuk saling melindungi antar
sesamanya.
Kedua biota laut tersebut memiliki manfaat yang berbeeda. Ikan hiu bisa
diambil minyak dan kulitnya untuk dioleh menjadi bahan lain yang memiliki
manfaat lebih. Ikan teri bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari
dikeringkan biasa, dijadikan sarden teri, maupun dijadikan keripik ikan teri,
dan lain sebagainya.
2.
Teks observasi 2, Biota Laut.
Biota Laut
Biota laut adalah seluruh makhluk hidup
yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan indonesia
merupakan salah satu kekayaan indonesia yang sangat berlimpah. Biota laut itu
diantaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian
dari ekosistem laut.
Terumbu karang di taman nasional bunaken
sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang
terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima
puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta diair jernih
yang tidak terkena polusi. Di taman laut bunaken juga dihuni beragam jenis
ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, dan goropa.
Disamping terumbu karang dan ikakn, laut indonesia juga memiliki tumbuhan laut.
Di pulau pari, kabupaten kepulauan seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut
dan penanaman bakau.
Ketiga biota laut tersebut sangat
bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi
kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi
ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut indonesia juga bermanfaat bagi
perkembangan pariwisata, seperti raja ampat di papua, pulau wangi-wangi di
sulawesi tenggara, dan bunaken di menado. Keragaman biota laut ini juga
bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telahj menahan abrasi dari
besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
3.
Teks non-observasi 1, Kehidupan Sekitar Laut.
Kehidupan Sekitar Laut
Pagi ini cuaca tak begitu mendukung
Pak Rito untuk melaut karena angin begitu kencang berlari kesana kemari tiada
karuan dan tiada henti. Mendung dari kemarin juga tak kunjung hilang. Namun Pak
Rito sepertinya tak mengenal putus asa, sebelum matahari terbit Pak Rito sudah
menata perlengkapannya untuk kelaut. Memang biasanya nelayan pergi mencari ikan
dimalam hari dan pulang dipagi hari. Tapi karena cuaca tak menentu Pak Rito
melaut hanya disiang hari. Istrinya pun melarangnya untuk melaut dimalam hari.
Laut
menjadi sumber penghasilan bagi Pak Rito. Pak Rito sudah lama menjadi pelaut,
sejak orang tuanya masih hidup hingga meninggal dunia, sudah hampir 10 tahun
lebih. Pak Rito tak hanya tahu berbagai macam jenis ikan yang hidup dilaut tapi
juga semua biota yang ada dilaut. Bahkan jika ia tidak mendapat ikan yang cukup
untuk memenuhi kebutuhannya Pak Rito terkadang memutuskan untuk menyelam dan
mencari sesuatu yang bisa dimanfaatkan di rumah. Terkadang Pak Rito mendapat
rumput laut untuk dijual itu jika sedang beruntung. Jika tidak maka ia hanya
akan membawa pulang ikan seadanya.
Hari ini pun Pak Rito
tak mendapat ikan yang cukup banyak hanya sedikit saja. “Bu, ikan hari ini
tidak bisa sebanyak yang kemarin-kemarin” kata Pak Rito kepada Istrinya. “ya
sudah Pak tidak apa-apa, yang bapak pulang dengan selamat itu saja ibu sudah
senang”. “Bapak, apakah dilaut itu hanya ada ikan?” tanya anak Pak Rito yang
masih kecil. “Tidak nak, di laut ada banyak hewan dan tumbuhan yang sangat
bermanfaat bagi kehidupan kita, tapi walaupun banyak kita tidak boleh mengambil
seenaknya saja, kita harus merawatnya dengan baik agar keseimbangan alam tetap
terjaga” itu pesan Pak Rito kepada anaknya.
4.
Teks non-observasi 2, Karang Laut.
Karang Laut
Penduduk desa karang memang tak begitu banyak jumlahnya,
hanya sekitar 10 sampai 13 kepala keluarga. Namun kehidupan yang guyup rukun
ada disana, bahkan mereka sudah terikat satu sama lain dan menjadi saudara.
Tidak ada yang perlu mereka khawatirkan kehidupan sehari-hari sudah bisa
terpenuhi walau hanya pas-pasan asalkan bisa makan hari ini itu sudah dianggap
cukup. Desa karang terletak di tanjung sebuah pulau kecil dan laut adalah
kehidupan mereka.
Setiap kepala keluarga sebagian besar hanya memiliki 3
orang anak, itupun yang paling banyak, bahkan sebagian keluarga masih ada yang
belum punya anak. Entah apa yang membuat mereka seperti itu. Tidak perduli itu
anak siapa saja asalkan anak itu merupakan keturunan penduduk desa Karang maka
semua orang ikut menjaga dan merawatnya. Penduduk desa Karang seperti mempunyai
dunia sendiri yang kedamaiannya tak tertandingi.
Laut yang ada disekitar mereka dijaga dan
dimanfaatkan dengan begitu baik. Jika ada salah satu orang saja yang melakukan
kesalahan yang akan berakibat merusak kehidupan di laut maka para penduduk akan
segera berkumpul untuk saling bertukar pikiran mengenai hal itu dan mencari
solusi bagaimana menangani hal yang telah terjadi tanpa harus menyalahkan siapa
yang telah melakukannya. Manfaat laut begitu besar sehingga penduduk desa
Karang begitu giat merawatnya dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar