Translate

Jumat, 13 September 2013

RPP kelas 7 kurikulum 2013


memahami teks observasi+susunan, menulis observasi brdasr pngalaman, mengurutkan teks observasi acak
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan     : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok              : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema                                       : Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema                      : Pelestarian Biota Laut
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

A. Kompetensi Dasar

No. KD
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Terintegrasi pada KD 3 dan 4
2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1)   Mengidentifikasi susunan teks hasil observasi berdasar susunan (bagian umum, penjelas, dan manfaat) teks hasil observasi
2)   Menentukan susunan teks hasil observasi berdasar susunan teks hasil observasi
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

1)   Mengurutkan teks observasi acak berdasar susunan teks hasil observasi
2)   Menulis teks hasil observasi sesuai susunan teks observasi


B. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.      Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (tema tentang biota laut).
3.      Siswa dengan sikap responsif dan kreatif mengenali teks laporan hasil observasi dan praktik menulisnya.
4.      Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam membaca  teks observasi.
5.      Diberikan model dua teks, siswa dapat membedakan teks observasi dan bukan teks observasi.
6.      Siswa mengidentifikasi teks hasil observasi, berdasarkan susunan teks hasil observasi.
7.      Dengan sikap jujur dan tanggung jawab, siswa menentukan susunan teks hasil obsevasi.
8.      Dengak sikap responsif dan kreatif siswa menulis teks hasil observasi.

C.  Materi Pembelajaran
1.      Susunan teks hasil observasi
Tabel susunan teks observasi
Bagian Teks Hasil Observasi
Kalimat
Bagian Umum

Bagian Penjelas

Bagian manfaat


2.      Teks observasi 1 berjudul Ikan Laut dan teks observasi 2 berjudul Biota Laut. *teks terlampir
3.      Teks non-observasi 1 berjudul Kehidupan Sekitar Laut dan teks non-observasi 2 berjudul Karang Laut. *teks terlampir

D.  Metode Pembelajaran
      libat, tulis, diskusi, kerja (litudija)

E.  Media Pembelajaran
1.    Dua teks hasil observasi diketik dikertas A4 sebanyak 10 lembar.
2.    Dua teks non-observasi diketik dikertas A4 sebanyak 10 lembar.
3.    Kertas kosong (kertas ukuran A4 dipotong menjadi dua).
4.    Teks observasi acak (teks dipotong-potong dimasukkan ke dalam amplop).
5.    Tabel susunan teks hasil observasi.

F.  Sumber Belajar
·         Zabadi, Fairul, dkk. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. 2013. Jakarta: Kemendikbud (hlm. 21).

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Pertemuan Pertama (80 menit)
a.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2 menit
2
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 menit
3
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3 menit


b.  Kegiatan inti (60 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menyimak cerita tentang biota laut
5 menit
2
Siswa membaca dua teks (observasi dan non-observasi) yang telah disediakan guru untuk mengidentifikasi teks hasil observasi, dengan sikap tanggung jawab dan santun.
5 menit
3
Siswa membentuk kelompok, 1 kelompok beranggotakan 5 orang
1 menit
4
Siswa mendiskusikan teks yang telah dibaca sebelumnya bersama kelompok
10 menit
5
Dengan sikap jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya.
5 menit
6
Dengan sikap kreatif dan responsif kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan
5 menit
7
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi kedua teks bersama-sama untuk menentukan susunan teks hasil observasi
10 menit
8
Siswa mengidentifikasi dua teks baru (teks dari guru) untuk menentukan teks hasil observasi berserta susunannya
10 menit
9
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dengan sikap jujur, kreatif, dan responsif
5 menit
10
Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
4 menit


c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2 menit
2
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
3 menit
3
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
3 menit
4
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2 menit

2.  Pertemuan Kedua (80 menit)
a.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2 menit
2
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 menit
3
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3 menit

b.  Kegiatan inti (60 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa dipancing untuk menuliskan pengetahuannya tentang biota laut
2 menit
2
Siswa mendaftar kata-kata yang berkaitan dengan biota laut
3 menit
3
Siswa membuat kalimat dari kata-kata yang telah didata
5 menit
4
Siswa merangkai kata-kata menjadi paragraf
10 menit
5
Siswa membacakan tulisan yang telah dibuat
5 menit
6
Hasil tulisan no.5 diidentifikasi berdasar susunan teks hasil observasi yang telah dipelajari dipertemuan sebelumnya
10 menit
7
Siswa berpasangan mengurutkan teks hasil observasi yang acak
10 menit
8
Siswa menukarkan hasil diskusi pasangan (no.7) kepasangan lain untuk dikoreksi bersama
10 menit
9
Hasil tulisan no.4 diperbaiki berdasar susunan teks hasil observasi yan telah dipelajari bersama
5 menit




c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2 menit
2
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
3 menit
3
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
3 menit
4
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2 menit



H.  Penilaian
1.  Teknik Penilaian
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Uraian dan penugasan

2.  Instrumen Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
Kreatif
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.






















2.






















3.






















….























Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

Tes Tertulis
Tes Uraian
1.      Berdasar pengalaman dan pengamatanmu tentang biota laut, tuliskan hal apa saja yang kamu ketahui tentang biota laut!
2.      Urutkan teks berikut berdasar susunan teks hasil observasi!

Tabel susunan teks hasil observasi
Susunan Teks Hasil Observasi
Kalimat
Bagian umum

Bagian penjelas

Bagian manfaat

   * Kalimat sesui dengan teks

3.  Rubrik Penilaian
KD
Indikator
Deskriptor
Skor
Ket.
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1) Mengidentifikasi susunan teks hasil observasi berdasar susunan (bagian umum, penjelas, dan manfaat) teks hasil observasi
- Mampu mengidentifikasi ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu mengidentifikasi dua susunan teks observasi
- Mampu mengidentifikasi salah satu susunan teks observasi
3



2

1

2)  Menentukan susunan teks hasil observasi berdasar susunan teks hasil observasi
- Mampu menentukan ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu menenetukan dua susunan teks observasi
- Mampu menenetukan salah satu susunan teks observasi
3



2

1

4.2  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1) Mengurutkan teks observasi acak berdasar susunan teks hasil observasi

- Mampu mengurutkan teks berdasar ketiga susunan teks observasi secara tepat (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu mengurutkan teks berdasar ketiga susunan teks observasi tetapi kurang tepat
- Mampu mengurutkan teks berdasar ketiga susunan teks observasi tetapi tidak tepat sama sekali
3




2


1


2)  Menulis teks hasil observasi sesuai susunan teks observasi
-  Mampu menulis teks hasil observasi berdasar ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
-  Mampu menulis teks hasil observasi hanya mencakup dua susunan teks observasi
-  Mampu menulis teks hasil observasi hanya mencakup salah satu susunan teks observasi
3




2


1


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia,



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

 

Lampiran teks

1.      Teks observasi 1, Ikan Laut.
Ikan Laut
Indonesia memiliki laut yang sangat luas, hampir sebagian besar negara Indonesia terdiri dari laut-laut yang membentang luas. Bahkan laut menjadi sumber penghasilan masyarakat Indonesia dalam mencari nafkah. Di dalam laut banyak sekali biota yang hidup, tidak hanya tumbuham tapi juga hewan terutama ikan yang sangat banyak jumlahnya.
Ikan hiu adalah jenis ikan yang memakan ikan dan hewan laut lainnya, berbentuk torpedo, bertulang rawan, kulit tidak bersisik, tetapi berduri kecil-kecil yg mengarah ke belakang, mulutnya terletak di kepala bagian bawah, ikan hiu memiliki gigi yang banyak, biasanya diburu manusia untuk diambil minyak dan kulitnya. Ikan teri adalah jenis ikan di laut yang berukuran kecil. Ikan teri biasanya hidup bergerombol untuk saling melindungi antar sesamanya.
Kedua biota laut tersebut memiliki manfaat yang berbeeda. Ikan hiu bisa diambil minyak dan kulitnya untuk dioleh menjadi bahan lain yang memiliki manfaat lebih. Ikan teri bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari dikeringkan biasa, dijadikan sarden teri, maupun dijadikan keripik ikan teri, dan lain sebagainya.
2.      Teks observasi 2, Biota Laut.
Biota Laut
     Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan indonesia merupakan salah satu kekayaan indonesia yang sangat berlimpah. Biota laut itu diantaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
     Terumbu karang di taman nasional bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta diair jernih yang tidak terkena polusi. Di taman laut bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, dan goropa. Disamping terumbu karang dan ikakn, laut indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Di pulau pari, kabupaten kepulauan seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakau.
     Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti raja ampat di papua, pulau wangi-wangi di sulawesi tenggara, dan bunaken di menado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telahj menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
3.      Teks non-observasi 1, Kehidupan Sekitar Laut.

Kehidupan Sekitar Laut

Pagi ini cuaca tak begitu mendukung Pak Rito untuk melaut karena angin begitu kencang berlari kesana kemari tiada karuan dan tiada henti. Mendung dari kemarin juga tak kunjung hilang. Namun Pak Rito sepertinya tak mengenal putus asa, sebelum matahari terbit Pak Rito sudah menata perlengkapannya untuk kelaut. Memang biasanya nelayan pergi mencari ikan dimalam hari dan pulang dipagi hari. Tapi karena cuaca tak menentu Pak Rito melaut hanya disiang hari. Istrinya pun melarangnya untuk melaut dimalam hari.
     Laut menjadi sumber penghasilan bagi Pak Rito. Pak Rito sudah lama menjadi pelaut, sejak orang tuanya masih hidup hingga meninggal dunia, sudah hampir 10 tahun lebih. Pak Rito tak hanya tahu berbagai macam jenis ikan yang hidup dilaut tapi juga semua biota yang ada dilaut. Bahkan jika ia tidak mendapat ikan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya Pak Rito terkadang memutuskan untuk menyelam dan mencari sesuatu yang bisa dimanfaatkan di rumah. Terkadang Pak Rito mendapat rumput laut untuk dijual itu jika sedang beruntung. Jika tidak maka ia hanya akan membawa pulang ikan seadanya.
Hari ini pun Pak Rito tak mendapat ikan yang cukup banyak hanya sedikit saja. “Bu, ikan hari ini tidak bisa sebanyak yang kemarin-kemarin” kata Pak Rito kepada Istrinya. “ya sudah Pak tidak apa-apa, yang bapak pulang dengan selamat itu saja ibu sudah senang”. “Bapak, apakah dilaut itu hanya ada ikan?” tanya anak Pak Rito yang masih kecil. “Tidak nak, di laut ada banyak hewan dan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, tapi walaupun banyak kita tidak boleh mengambil seenaknya saja, kita harus merawatnya dengan baik agar keseimbangan alam tetap terjaga” itu pesan Pak Rito kepada anaknya.
4.      Teks non-observasi 2, Karang Laut.

Karang Laut
Penduduk desa karang memang tak begitu banyak jumlahnya, hanya sekitar 10 sampai 13 kepala keluarga. Namun kehidupan yang guyup rukun ada disana, bahkan mereka sudah terikat satu sama lain dan menjadi saudara. Tidak ada yang perlu mereka khawatirkan kehidupan sehari-hari sudah bisa terpenuhi walau hanya pas-pasan asalkan bisa makan hari ini itu sudah dianggap cukup. Desa karang terletak di tanjung sebuah pulau kecil dan laut adalah kehidupan mereka.
Setiap kepala keluarga sebagian besar hanya memiliki 3 orang anak, itupun yang paling banyak, bahkan sebagian keluarga masih ada yang belum punya anak. Entah apa yang membuat mereka seperti itu. Tidak perduli itu anak siapa saja asalkan anak itu merupakan keturunan penduduk desa Karang maka semua orang ikut menjaga dan merawatnya. Penduduk desa Karang seperti mempunyai dunia sendiri yang kedamaiannya tak tertandingi.
     Laut yang ada disekitar mereka dijaga dan dimanfaatkan dengan begitu baik. Jika ada salah satu orang saja yang melakukan kesalahan yang akan berakibat merusak kehidupan di laut maka para penduduk akan segera berkumpul untuk saling bertukar pikiran mengenai hal itu dan mencari solusi bagaimana menangani hal yang telah terjadi tanpa harus menyalahkan siapa yang telah melakukannya. Manfaat laut begitu besar sehingga penduduk desa Karang begitu giat merawatnya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar