Translate

Jumat, 13 September 2013

RPP kelas 7 kurikulum 2013, 3


frasa (12), konjungsi (14), repetisi (25), kata ganti (25)+ wawancara (18), cerita rakyat (19), dialog (27)

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan      : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok              : Teks Hasil Observasi
Tema                                       : Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema                      : Cinta Lingkungan
Alokasi Waktu            : 6 x 40 menit (3 x Tatap Muka)

A. Kompetensi Dasar

No. KD
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

-
2.4
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam memaparkann langkah-langkah suatu proses berbentuk linier
-
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1)   Mengidentifikasi unsur kebahasaan (proses pembentukan kelompok kata dan kata hubung)
2)   Mengidentifikasi unsur kebahasaan (pengulangan dan kata ganti)
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan


1)   Menulis teks observasi berdasar teks wawancara sesuai dengan susunan teks observasi
2)   Menyusun dialog berdasar teks observasi


B. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.      Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (observasi).
3.      Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif, dan kreatif dalam mengidentifikasi unsur kebahasan.
4.      Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam  menanggapi hasil diskusi unsur kebahasan.
5.      Siswa menunjukkan perilaku santun, responsif, dan kreatif dalam menulis laporan observasi.
C.  Materi Pembelajaran
1.      Teks observasi rumpang. *teks terlampir
2.      Instrumen wawancara (ADIKSIMBA)
3.      Unsur kebahasaan (frasa, konjungsi, repetisi, kata ganti)
4.      Cerita rakyat

D.  Metode Pembelajaran
            Cari, Perankan (caper)

E.  Media Pembelajaran
1.    Teks observasi diketik dikertas A4, dirumpangkan bagian konjungsi, repetisi, dan kata ganti, pilihan rumpangan diketik setelah teks.
2.    Topi peran untuk praktik wawancara, terbuat dari kertas karton dibentuk menyerupai topi.
3.    Tabel proses pembentukan kelompok kata (frasa) diketik dikertas A4.
No
Proses Pembentukan Kelompok Kata (Frasa)
Kelompok Kata (Frasa)
1


...



F.  Sumber Belajar
·         Zabadi, Fairul. dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Pertemuan Pertama (80 menit)
a.  Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2 menit
2
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4 menit
3
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
2 menit





b.  Kegiatan inti (62 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 anggota
1 menit
2
Siswa mengidentifikasi proses pembentukan kelompok kata secara berkelompok dengan bimbingan guru
5 menit
3
Siswa membuat kalimat secara individu berdasar kelompok kata yang telah didata bersama kelompok
5 menit
4
Siswa mendapat teks rumpang untuk dilengkapi unsur kebahasaannya (konjungsi, repetisi, kata ganti)
1 menit
5
Dengan sikap kreatif dan responsif siswa mendikskusikan teks yang telah didapat bersama kelompok
10 menit
6
Dengan sikap jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya
5 menit
7
Dengan sikap kreatif dan responsif kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan
5 menit
8
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi teks rumpang untuk mengidentifikasi unsur kebahasaan (konjungsi, repetisi, kata ganti)
10 menit
9
Siswa membacakan cerita rakyat yang telah dibawa dari penugasan sebelumnya
5 menit
10
Siswa membuat dialog berdasar cerita rakyat yang telah dibawa masing-masing
10 menit
11
Siswa bersama kelompok mendiskusikan dialog yang telah dibuat untuk ditampilkan dipertemuan berikutnya
5 menit





c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2 menit
2
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
3 menit
3
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
3 menit
4
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2 menit


2.  Pertemuan Kedua (80 menit)
a.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2 menit
2
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 menit
3
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3 menit

b.  Kegiatan inti (60 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa bersama kelompok menyiapkan pemeranan berdasar dialog yang telah dibuat dari cerita rakyat dipertemuan sebelumnya
5 menit
2
Setiap kelompok memerankan dialognya setiap kelompok 15 menit tampil
50 menit
3
Dengan sikap kreatif dan responsif kelompok lain memperhatikan dan memberikan tanggapan
5 menit




c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2 menit
2
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
3 menit
3
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
3 menit
4
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2 menit

3.  Pertemuan Ketiga (80 menit)
a.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2 menit
2
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 menit
3
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3 menit

b.  Kegiatan inti (60 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Jika dipertemuan sebelumnya ada kelompok yang belum memerankan dialog cerita rakyat, maka dilanjutkan penampilan sisa kelompok
+
(persiapan, penampilan, dan pemberian tanggapan)
25 menit
2
Siswa mendiskusikan hasil wawancara yang telah dilakukan di penugasan sebelumnya
10 menit
3
Siswa memerankan proses wawancara (sebagian siswa)
10 menit
4
Siswa menulis laporan observasi berdasar hasil wawancara yang telah diapat
15 menit




c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
1
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2 menit
2
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
3 menit
3
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
3 menit
4
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2 menit

H.  Penilaian
1.  Teknik Penilaian
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Uraian dan penugasan

2.  Instrumen Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
Kreatif
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.






















2.






















3.






















….























Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

Tes Tertulis
Tes Uraian
1.      Datalah kelompok kata yang kamu ketahui serta proses pembentukannya!
No
Proses Pembentukan Kelompok Kata (Frasa)
Kelompok Kata (Frasa)
1


...



2.      Lengkapilah teks rumpang berikut dengan pilihan yang telah disediakan!
3.      Amatilah lingkungan disekitar rumahmu, lalu lakukan wawancara mengenai hewan peliharaan yang ada dilingkunganmu!

3.  Rubrik Penilaian
KD
Indikator
Deskriptor
Skor
Ket.
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (proses pembentukan kelompok kata dan kata hubung)

- Mampu mengidentifikasi lebih dari 5 frasa dan konjungsi
- Mampu mengidentifikasi 5 frasa dan konjungsi
- Mampu mengidentifikasi kurang dari 5 frasa dan konjungsi
3

2

1

2) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (pengulangan kata/repetisi dan kata ganti)
- Mampu mengidentifikasi lebih dari 5 kata repetisi dan kata ganti
- Mampu mengidentifikasi 5 kata repetisi dan kata ganti
- Mampu mengidentifikasi kurang dari 5 kata repetisi dan kata ganti
3


2

1

4.2  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1) Menulis teks observasi berdasar teks wawancara sesuai dengan susunan teks observasi

-  Mampu menulis teks hasil observasi berdasar ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
-  Mampu menulis teks hasil observasi hanya mencakup dua susunan teks observasi
-  Mampu menulis teks hasil observasi hanya mencakup salah satu susunan teks observasi
3




2


1

2)  Menyusun dialog berdasar teks observasi
- Mampu menyusun lebih dari 20 dialog berdasar teks observasi
- Mampu menyusun 20 dialog berdasar teks observasi
- Mampu menyusun kurang dari 20 dialog berdasar teks observasi
3


2


1


…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia,



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
 
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
 
 









Lampiran Materi Wawancara
Ø  Kegiatan          : Mewawancarai orang tua atau saudara
Ø  Tema               : perawatan hewan peliharaan
Ø  Pokok-pokok pertanyaan:
1.    Defiisi hewan peliharaan
2.    Nama pemilik hewan
3.    Hewan peliharaan yang dimiliki
4.    Deskripsi hewan peliharaan itu
5.    Deskripsi cara pemeliharaannya
6.    Kegunaan hewan peliharaan bagi pemiliknya

Prosedur melakukan wawancara
1.  Menetapkan tujuan wawancara
Sebelum wawancara dilakukan, perlu ditetapkan tujuan wawancara. Penetapan tujuan ini dilakukan agar pertanyaan yang kalian ajukan kepada narasumber bisa terarah pada informasi yang kita butuhkan sehingga wawancara akan berhasil.
2. Menyiapkan daftar pertanyaan
Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberikan informasi. Dialog terjadi karena adanya pertanyaan dari pewawancara dan jawaban dari narasumber.
Penyusunan pertanyaan:
  1. Pertanyaan disusun berdasarkan tujuan wawancara.
  2. Upayakan satu pertanyaan untuk menggali satu informasi.
  3. Kalimat tanya disusun dengan singkat dan jelas.
  4. Pertanyaan harus memuat unsur ADIKSIMBA (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana)
Contoh pertanyaan:
a)    Apa yang dipelihara?
b)    Dimana hewan itu dipelihara
c)    Kapan mulai memelihara?
d)    Siapa saja yang ikut memelihara?
e)    Mengapa memelihara hewan tersebut?
f)     Bagaimana cara pemeliharaannya?
                                                      *Catatan: konteks pertanyaan bergantung tema wawancara


Melakukan Wawancara
a. Pendahuluan
            Pewawancara membuat janji dulu dengan narasumber, kapan dan dimana narasumber bersedia diwawancarai. Jangan lupa sampaikan tujuan wawancara kepada narasumber.
b. Pembukaan
            Awalilah dengan pembicaraan ringan, seperti menanyakan kabar dan kondisi narasumber serta tunjukkan sikap yang ramah dan bersahabat.
c. Tahap inti
            Ajukan pertanyaan secara urut, singkat, dan jelas. Lakukan perekaman selain pencatatan. Hindarilah pertanyaan yang memojokkan atau menginterogasi.
d. Penutup
            Akhiri wawancara dengan kesan yang baik dan menyenangkan. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaan narasumber diwawancarai.


Tips Berwawancara
  1. Jelaskan dulu identitas kamu sebelum wawancara dimulai dan kemukakan tujuan wawancara.
  2. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan dan bersifat umum. Lakukanlah pendekatan tidak langsung pada persoalan, misalnya lebih baik tanyakan dulu soal kesenangan atau hobi tokoh. Jika dia sudah asyik berbicara, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik kamu.
  3. Sebutkan nama narasumber secara lengkap dan bawalah buku catatan, alat tulis, atau tape recorder saat melakukan wawancara.
  4. Dengarkan pendapat dan informasi secara saksama, usahakan tidak menyela agar keterangan tidak terputus. Jangan meminta pengulangan jawaban dari narasumber.
  5. Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
  6. Harus tetap menjaga suasana agar tetap informatif. Hormati narasumber, hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
  7. Harus pandai mengambil kesimpulan, artinya tidak semua jawaban dicatat.
  8. Beri kesan yang baik setelah wawancara. Jangan lupa mohon diri dan ucapkan terima kasih dan mohon maaf!
  9. Selain itu, kita harus mengetahui betul apa tujuan wawancara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar