Identifikasi tulisan media (19), ide pokok (25), meringkas teks (26),
menulis observasi
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema : Cinta Lingkungan Hidup (Teks Hasil Observasi)
Subtema : Pelestarian Biota Laut
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Tatap Muka)
A. Kompetensi Dasar
No. KD
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2
|
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
|
Terintegrasi pada KD 3 dan 4
|
2.4
|
Memiliki perilaku jujur, dan kreatif dalam memaparkan
langkah-langkah suatu proses berbentuk linier
|
3.3
|
Mengklasifikasi teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1) Mengidentifikasi teks dari media berdasar susunan teks
observasi (bagian umum, penjelas, dan manfaat) teks hasil observasi
2) Menentukan ide pokok teks observasi
|
4.2
|
Menyusun teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1)
Mengurutkan teks acak (ide pokok dan kalimat
penjelasnya)
2)
Menulis ulang teks dari media sesuai susunan teks
observasi
|
B. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami
informasi secara lisan dan tulis sebagai
bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.
Siswa
menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian.
3.
Siswa dengan sikap responsif dan kreatif mengidentifikasi
teks dari media sesuai dengan susunan teks laporan hasil observasi.
4.
Siswa
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam membaca teks
observasi.
5.
Diberikan teks acak, siswa dapat memasangkan antara ide
pokok dan paragraf penjelasnya.
6.
Dengan sikap jujur dan tanggung jawab, siswa menentukan
susunan ide pokok suatu teks.
7.
Dengak sikap responsif dan kreatif siswa menyunting teks dari
media sesui dengan susunan teks observasi.
C. Materi Pembelajaran
1.
Susunan teks hasil observasi
Tabel susunan teks observasi
Bagian Teks Hasil Observasi
|
Kalimat
|
Bagian Umum
|
|
Bagian Penjelas
|
|
Bagian manfaat
|
|
2.
Teks observasi dan ide pokoknya.
D. Metode Pembelajaran
Indentifikasi, Sunting (ISu)
E. Media Pembelajaran
1. Teks observasi berserta ide pokok
setiap paragraf diketik dikertas A4, antara ide pokok dan paragraf penjelasnya
dipisah untuk nanti dipasangkan oleh siswa.
2. Kertas kosong (kertas ukuran A4
dipotong menjadi dua).
3. Tabel susunan teks hasil observasi.
F.
Sumber Belajar
·
Zabadi,
Fairul, dkk. Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. 2013. Jakarta: Kemendikbud (hlm. 21).
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Satu kali pertemuan (2x40 menit= 80 menit)
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
|
2 menit
|
2
|
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 menit
|
3
|
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
3 menit
|
b. Kegiatan inti (60 menit)
|
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa membentuk kelompok, satu kelompok terdiri dari 5
anggota
|
1 menit
|
2
|
Siswa mendapat teks acak
(antara ide pokok dan paragraf penjelasnya)
|
1 menit
|
3
|
Siswa berdiskusi dengan
kelompok untuk memasangkan teks acak tersebut, dengan sikap tanggung jawab dan santun
|
7 menit
|
4
|
Dengan sikap
jujur, tanggung jawab, dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok melaporkan
hasil diskusinya.
|
5 menit
|
5
|
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi teks
bersama-sama untuk menentukan ide pokok paragraf
|
10 menit
|
6
|
Siswa
berpasangan mendapat teks acak (antara ide pokok dan paragraf penjelasnya)
|
1 menit
|
7
|
Siswa berdiskusi dengan pasangannya untuk memasangkan
teks acak tersebut, dengan sikap
tanggung jawab dan santun
|
5 menit
|
8
|
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi teks
bersama-sama untuk menentukan ide pokok paragraf
|
10 menit
|
9
|
Siswa mengidentifikasi tulisan dari media sesuai
susunan teks observasi
|
5 menit
|
10
|
Siswa
mengidentifikasi tulisan dari median untuk menemukan ide pokok setiap
paragraf
|
5 menit
|
11
|
Siswa
menulis ulang teks dari media sesuai susunan teks observasi
|
10 menit
|
|
|
|
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
|
2 menit
|
2
|
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran
|
3 menit
|
3
|
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran
|
3 menit
|
4
|
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
|
2 menit
|
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes
Uraian dan penugasan
|
2. Instrumen
Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Kreatif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
Tes Tertulis
Tes
Uraian
1. Pasangkan teks tersebut agar sesuai antara ide pokok dan
paragraf penjelasnya!
2. Identifikasi teks dari media tersebut
sesuai susunan teks observasi!
3. Tulislah ulang teks dari media
tersebut sehingga sesuia dengan susunan teks observasi!
Tabel susunan teks hasil observasi
Susunan Teks Hasil Observasi
|
Kalimat
|
Bagian umum
|
|
Bagian penjelas
|
|
Bagian manfaat
|
|
3. Rubrik Penilaian
KD
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
Ket.
|
3.3 Mengklasifikasi teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1) Mengidentifikasi teks dari media berdasar
susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan manfaat) teks hasil
observasi
|
- Mampu mengidentifikasi
ketiga susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu mengidentifikasi dua
susunan teks observasi
- Mampu mengidentifikasi salah
satu susunan teks observasi
|
3
2
1
|
|
2) Menentukan
ide pokok teks observasi
|
- Mampu menentukan semua ide
pokok dari teks observasi yang dimaksud
- Mampu menentukan ide pokok
setengah bagian dari teks observasi yang dimaksud
- Mampu menentukan ide pokok
kurang dari setengah bagian dari teks observasi yang dimaksud
|
3
2
1
|
|
4.2 Menyusun teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1) Mengurutkan teks acak (ide pokok dan kalimat
penjelasnya)
|
- Mampu mengurutkan lebih
dari 5 pasangan ide pokok dan paragraf penjelasnya
- Mampu mengurutkan 5
pasangan ide pokok dan paragraf penjelasnya
- Mampu mengurutkan kurang
dari 5 pasangan ide pokok dan paragraf penjelasnya
|
3
2
1
|
|
2) Menulis ulang
teks dari media sesuai susunan teks observasi
|
- Mampu menulis ulang teks dari media sesuai ketiga
susunan teks observasi (bagian umum, penjelas, dan bagian manfaat)
- Mampu menulis ulang teks dari media sesuai teks
hasil observasi hanya mencakup dua susunan teks observasi
- Mampu menulis ulang teks dari media sesuai
teks hasil observasi hanya mencakup salah satu susunan teks observasi
|
3
2
1
|
|
|
|
|
|
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia,
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
...............……………
(__________________________)
NIP / NIK :
..........................
|
|
|
Lampiran teks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar