| 
 
(RPP)
Satuan Pendidikan     : SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok              : Teks Tanggapan
Deskriptif
Tema                           : Pengenalan
Budaya Indonesia  (Teks Deskriptif)
Subtema                      : Pantun
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A. Kompetensi Dasar
| 
   
No. KD 
 | 
  
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1.3 
 | 
  
   
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
  Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis 
 | 
  
   
Terintegrasi pada KD 3 dan 4 
 | 
 
| 
   
2.2 
 | 
  
   
Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas
  karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna 
 | 
 |
| 
   
3.3 
 | 
  
   
Mengklasifikasi teks
  hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
  pendek baik melalui lisan maupun tulisan 
 | 
  
   
1)   Mengidentifikasi susunan teks deskriptif berdasar susunan
  (identifikasi, definisi, deskripsi bagian) teks tanggapan deskriptif 
2)   Menentukan susunan teks deskriptif
  berdasar susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
 
| 
   
4.2 
 | 
  
   
Menyusun teks
  hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
  pendek baik secara lisan maupun tulisan 
 | 
  
   
1)  
  Mengurutkan teks deskriptif acak berdasar susunan teks tanggapan
  deskriptif 
2)  
  Menulis teks deskriptif sesuai susunan teks tanggapan
  deskriptif 
 | 
 
B. Tujuan
Pembelajaran
1.     
Siswa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami
informasi secara lisan dan tulis  sebagai
bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.     
Siswa
menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian (tema tentang pantun).
3.     
Siswa dengan sikap responsif dan kreatif mengenali teks tanggapan
deskriptif dan praktik menulisnya.
4.     
Siswa
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam membaca  teks
deskriptif.
5.     
Diberikan model dua teks, siswa dapat membedakan teks
deskriptif dan bukan teks deskriptif.
6.     
Siswa mengidentifikasi teks deskriptif, berdasarkan
susunan teks tanggapan deskriptif.
7.     
Dengan sikap jujur dan tanggung jawab, siswa menentukan
susunan teks tanggapan deskriptif.
8.     
Dengak sikap responsif dan kreatif siswa menulis teks
deskriptif.
C.  Materi Pembelajaran
1.     
Susunan teks tanggapan deskriptif
Tabel susunan teks tanggapan deskriptif
| 
   
Bagian Teks Tanggapan
  Deskriptif 
 | 
  
   
Kalimat 
 | 
 
| 
   
Identifikasi 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Definisi 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Deskripsi Bagian 
 | 
  
   | 
 
2.     
Teks deskriptif berjudul  Pantun
Indonesia.
D.  Metode Pembelajaran
      Permainan
E.  Media Pembelajaran
1.    Teks tanggapan
deskriptif diketik dikertas A4.
2.    Teks non-deskriptif
diketik dikertas A4.
3.    Kertas kosong (kertas ukuran A4
dipotong menjadi dua).
4.    Teks deskriptif acak (teks
dipotong-potong dimasukkan ke dalam amplop).
5.    Tabel susunan teks hasil observasi.
F. 
Sumber Belajar
·        
Zabadi,
Fairul, dkk. Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. 2013. Jakarta: Kemendikbud.
G.  Langkah-langkah
Pembelajaran
1.  Pertemuan Pertama (80 menit)
| 
   
a.  Kegiatan
  Pendahuluan (10 menit) 
 | 
 ||
| 
   
No 
 | 
  
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya  
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
  pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Siswa
  menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
  pembelajaran yang akan dilaksanakan  
 | 
  
   
3 menit 
 | 
 
| 
   
b.  Kegiatan inti (60 menit) 
 | 
 ||
| 
   
No 
 | 
  
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Siswa mendapat teks deskrptif berjudul Pantun Indonesia 
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi teks
  bersama-sama untuk menentukan susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Siswa membentuk kelompok, 1 kelompok beranggotakan 5
  orang, setiap kelompok mendapatkan teks deskriptif acak 
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Siswa mendiskusikan teks yang telah diperoleh
  sebelumnya bersama kelompok 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Dengan sikap
  jujur, tanggung jawab, dan
  menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setiap kelompok melaporkan
  hasil diskusinya. 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Dengan sikap
  kreatif dan responsif kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
Siswa mengidentifikasi susunan teks acak tersebut
  berdasar susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
Siswa (masih
  dalam kelompok) mendapat teks baru 
 | 
  
   
1 menit 
 | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   
Siswa bersama kelompok melengkapi tanda baca, mengisi
  konjungsi yang kosong, dan mengidentifikasi susunan teks yang telah didapat
  berdasar susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dengan
  sikap jujur, kreatif, dan responsif 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun. 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c.  Kegiatan
  Penutup (10 menit) 
 | 
 ||
| 
   
No 
 | 
  
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran 
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Bersama
  guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami proses pembelajaran 
 | 
  
   
3 menit 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran 
 | 
  
   
3 menit 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
  pembelajaran 
Penugasan: siswa mencari data tentang pantun (definisi
  pantun, ciri-ciri, dan penjelasan dari definisi) 
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
2.  Pertemuan Kedua (80 menit)
| 
   
a.  Kegiatan
  Pendahuluan (10 menit) 
 | 
 ||
| 
   
No 
 | 
  
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya  
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
  pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
  dilaksanakan  
 | 
  
   
3 menit 
 | 
 
| 
   
b.  Kegiatan inti (60 menit) 
 | 
 ||
| 
   
No 
 | 
  
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Siswa membuat kelompok (kelas dibagi menjadi dua
  kelompok besar 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Siswa bermain pantun, kelompok satu menyampaikan pantun
  dan kelompok dua membalas dengan pantun 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Kelompok yang tidak bisa membalas dengan cepat akan
  mendapat sanksi sesuai kesepatan 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Siswa membuat kerangka untuk menulis teks deskriptif,
  berdasar data yang telah dibawa dari penugasan sebelumnya 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Siswa menulis teks deskriptif sesuai susunan teks
  tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Siswa membacakan tulisan yang telah dibuat (sebagian
  siswa) 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
Siswa saling menukarkan tulisannya untuk dikomentari 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
Siswa
  memperbaiki tulisan sesuai komentar yang diberikan 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c.  Kegiatan
  Penutup (10 menit) 
 | 
 ||
| 
   
No 
 | 
  
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran 
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Bersama guru, siswa
  mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
  dialami proses pembelajaran 
 | 
  
   
3 menit 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam proses pembelajaran 
 | 
  
   
3 menit 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
  pembelajaran 
 | 
  
   
2 menit 
 | 
 
H.  Penilaian
1.  Teknik
Penilaian
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk 
 | 
 
| 
   
Pengamatan Sikap  
   
 | 
  
   
Lembar
  Pengamatan Sikap dan Rubrik 
 | 
 
| 
   
Tes Tertulis   
 | 
  
   
Tes
  Uraian dan penugasan 
 | 
 
2.  Instrumen
Penilaian Sikap
| 
   
No. 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Religius 
 | 
  
   
Jujur 
 | 
  
   
Tanggung jawab 
 | 
  
   
Santun 
 | 
  
   
Kreatif 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
 ||
| 
   
1. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
…. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Rubrik penilaian sikap
| 
   
Rubrik 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
Sama sekali tidak menunjukkan
  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan
  kegiatan 
 | 
  
   
1 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih
  sedikit dan belum ajeg/konsisten  
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten 
 | 
  
   
4 
 | 
 
Tes Tertulis
Tes
Uraian
1.      Berdasar data yang telah kamu miliki,
buatlah kerangkan untuk menulis teks tanggapan deskriptif!
2.      Urutkan teks acak tersebut sehingga
menjadi paragraf yang padu, lalu identifikasi susunan teksnya berdasar susunan
teks tanggapan deskriptif!
Tabel susunan teks tanggapan deskriptif
| 
   
Bagian Teks Tanggapan
  Deskriptif 
 | 
  
   
Kalimat 
 | 
 
| 
   
Identifikasi 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Definisi 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Deskripsi Bagian 
 | 
  
   | 
 
3.  Rubrik Penilaian
| 
   
KD 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Deskriptor 
 | 
  
   
Skor 
 | 
  
   
Ket. 
 | 
 
| 
   
3.3 Mengklasifikasi teks
  hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
  pendek baik melalui lisan maupun tulisan 
 | 
  
   
1) Mengidentifikasi susunan teks
  deskriptif berdasar susunan (identifikasi, definisi, deskripsi bagian) teks
  tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
- Mampu mengidentifikasi
  ketiga susunan teks deskriptif
  (identifikasi, definisi, deskripsi bagian)  
- Mampu mengidentifikasi dua
  susunan teks tanggapan deskriptif 
- Mampu mengidentifikasi
  salah satu susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
3 
2 
1 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2)  Menentukan
  susunan teks deskriptif berdasar susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
- Mampu menentukan ketiga
  susunan teks deskriptif
  (identifikasi, definisi, deskripsi bagian)  
- Mampu menenetukan dua
  susunan teks tanggapan deskriptif 
- Mampu menenetukan salah
  satu susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
3 
2 
1 
 | 
  
   | 
 |
| 
   
4.2  Menyusun teks
  hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
  pendek baik secara lisan maupun tulisan 
 | 
  
   
1) Mengurutkan teks deskriptif acak berdasar susunan
  teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
- Mampu mengurutkan teks
  berdasar ketiga susunan teks deskriptif (identifikasi, definisi, deskripsi bagian)  
- Mampu mengurutkan teks
  berdasar ketiga susunan teks deskriptif tetapi kurang tepat  
- Mampu mengurutkan teks
  berdasar ketiga susunan teks deskriptif tetapi tidak tepat sama sekali 
 | 
  
   
3 
2 
1 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2)  Menulis teks
  deskriptif sesuai susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
-  Mampu menulis teks hasil observasi berdasar
  ketiga susunan teks deskriptif
  (identifikasi, definisi, deskripsi bagian)  
-  Mampu menulis teks tanggapan deskriptif hanya
  mencakup dua susunan teks deskriptif 
-  Mampu menulis teks tanggapan deskriptif
  hanya mencakup salah satu susunan teks tanggapan deskriptif 
 | 
  
   
3 
2 
1 
 | 
  
   | 
 
   
  | 
  
   
  | 
  
Lampiran teks
Pantun Indonesia
Pantun merupakan tradisi lisan yang masih bertahan di beberapa daerah di
Indonesia, khususnya daerah yang berbudaya Melayu. Pantun digunakan sebagai
alat untuk bersosialisasi. Kegiatan seni berbalas pantun dilakukan pada
upacara-upacara adat yan mempunyai nuansa Melayu.
Keseluruhan bentuk pantun berupan sampiran dan isi. Sampiran terletak pada
baris pertama dan kedua biasanya tidak berhubugan secara langsung dengan bagian
kedua. Baris ketiga dan keempat ialah bagian isi yang merupakan tujuan dari
puisi tersebut. Sejumlah baris yang selalu genap merupakan satu kesatuan yang
disebut bait/kuplet. Setiap baris terdiri atas empat kata yang dibentuk dari
8—12 suku kata (umumnya 10 suku kata). Persajakan antara sampiran dan isi
selslu paralel (ab-ab)
Berdasarkan bentuk/jumlah baris tiap bait, pantun dibedakan menjadi pantu biasa, pantun kilat, pantun berkait,
dan talibun. Pantun biasa adalah pantun yang terdiri atas empat baris tiap
bait. Pantun kilat/karmina adalah
pantun yang hanya tersusun atas dua baris. Pantun
berkait merupakan pantun yagn tersusun secara berngakai, saling mengait
antara bait pertama dan bait berikutnya. Talibun
adalah pantun yagnn tediri atas lebih dari empat baris, tetapi selalu genap
jumlahnya.
Berdasarkan isinya, pantung dibedakan menjadi pantun anak-anak (pantung
bersuka cita, pantun berduka cita), pantun muda (pantun perkenalan, pantun
berkasih-kasihan, pantun perceraian, pantun beriba hati, pantun dagang), pantun
tua (pantun nasihat, pantun adat, pantun agama), pantun jenaka, dan pantun teka-teki.
Teks acak
| 
   
No 
 | 
  
   
Kalimat 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Pantun adalah puisi Melayu asli yang sudah mengakar
  lama di budaya masyarakat. Pantun salah satu jenis karya sastra yang lama. 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Pantun kilat/
  karmina  adalah pantun yang hanya tersusun
  atas dua baris 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua dan
  biasanya tidak berhubungan secara langsung dengan bagian kedua 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Pantun berkait adalah pantun
  yang tersusun secara berangkai, saling mengait antara bait pertama dan bait
  berikutnya 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Berdasarkan isinya, pantun dibedakan menjadi pantun
  pantun anak-anak (pantung bersuka cita, pantun berduka cita), pantun muda
  (pantun perkenalan, pantun berkasih-kasihan, pantun perceraian, pantun beriba
  hati, pantun dagang), pantun tua (pantun nasihat, pantun adat, pantun agama),
  pantun jenaka, dan pantun teka-teki. 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Keseluruhan bentuk pantun berupa sampiran dan isi 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Berdasarkan 
  bentuk/jumlah baris tiap bait, pantun dibedakan menjadi Pantun biasa, yaitu pantun yang
  terdiri dari empat beris tiap bait 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Talibun adalah pantun
  yang terdiri lebih dari empat beris tetapi selalu genap jumlahnya, separuh
  merupakan sampiran, dan separuh lainnya merupakan isi 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Sejumlah baris yang selalu genap yang merupakan satu
  kesatuan disebut bait/kuplet 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Setiap baris terdiri atas empat kata yang dibentuk dari
  8—12 suku kata (umumnya 10 suku kata) 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Kegiatan seni berbalas pantun dilakukan pada
  upacara-upacara adat yang mempunyai nuansa Melayu 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Pantun digunakan sebagai alat untuk bersosialisasi 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Persajakan antara sampiran dan isi selalu paralel
  (ab-ab) 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Baris ketiga dan keempat ialah bagian isi yang
  merupakan tujuan puisi tersebut 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Pantun merupakan tradisi lisan yang masih bertahan di
  beberapa daerah di Indonesia, khususnya daerah yang berbudaya Melayu 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
 
terima kasih kak infonya, sangat membantu tugas perkuliahan saya
BalasHapus