Translate

Selasa, 23 Juli 2013

langkah-langkah pembelajaran memerankan tokoh


Sintak Memerankan Tokoh
1.      Salam pembukaan (menyampaikan KD pembelajaran)
2.      Guru memperlihatkan gambar-gambar untuk merangsang perasaan siswa (gambar bisa bermacam-macam situasi, mulai dari gambar sedih, gembira, bingung, kacau dsb)
3.      Guru menanyakan kepada siswa tentang komentar terhadap gambar (pertanyaan diutamakan yang berhubungan langsung dengan rasa)
4.      Dari gambar-gambar tadi dimunculkan video (artinya bahwa gambar-gambar tadi bisa diambil (crop) dari video)
5.      Pembagian peran kepada semua siswa (acak)
6.      siswa yang tidak mendapatkan peran untuk sementara mengamati temannya berperan
7.      Setelah siswa yang tadi berperan selesai siswa yang tadi mengamati sekarang berperan menjadi tokoh yang sama dengan teman sebelumnya bedanya harus memerankan dengan gaya yang berbeda
8.      Setelah semua selesai, guru memberikan sebuah bacaan mengenai suatu peristiwa yang didalamnya ada tokoh-tokohnya, siswa langsung memerankan tokoh-tokoh tersebut, siswa yang tidak kebagian peran menjadi pengamat sekaligus menilai seseuai dengan rubrik yang disediakan guru
9.      Setelah siswa yang tadi berperan selesai siswa yang tadi menilai sekarang berperan menjadi tokoh yang sama dengan teman sebelumnya bedanya harus memerankan dengan gaya yang berbeda, siswa yang lain menilai sesuai dengan rubrik yang diberikan guru
10.  Setelah selesai guru menanyakan bagaimana penilaian siswa terhadap temannya
11.  Bacaan yang tadi diperankan dimunculkan videonya (artinya bacaan tadi bisa diambil dari video)
12.  Setelah itu evaluasi bersama





Tidak ada komentar:

Posting Komentar