Sintak
Memerankan Tokoh
1.
Salam pembukaan
(menyampaikan KD pembelajaran)
2.
Guru memperlihatkan
gambar-gambar untuk merangsang perasaan siswa (gambar bisa bermacam-macam
situasi, mulai dari gambar sedih, gembira, bingung, kacau dsb)
3.
Guru menanyakan
kepada siswa tentang komentar terhadap gambar (pertanyaan diutamakan yang
berhubungan langsung dengan rasa)
4.
Dari gambar-gambar
tadi dimunculkan video (artinya bahwa gambar-gambar tadi bisa diambil (crop)
dari video)
5.
Pembagian peran
kepada semua siswa (acak)
6.
siswa yang tidak
mendapatkan peran untuk sementara mengamati temannya berperan
7.
Setelah siswa yang
tadi berperan selesai siswa yang tadi mengamati sekarang berperan menjadi tokoh
yang sama dengan teman sebelumnya bedanya harus memerankan dengan gaya yang
berbeda
8.
Setelah semua
selesai, guru memberikan sebuah bacaan mengenai suatu peristiwa yang didalamnya
ada tokoh-tokohnya, siswa langsung memerankan tokoh-tokoh tersebut, siswa yang
tidak kebagian peran menjadi pengamat sekaligus menilai seseuai dengan rubrik
yang disediakan guru
9.
Setelah siswa yang
tadi berperan selesai siswa yang tadi menilai sekarang berperan menjadi tokoh
yang sama dengan teman sebelumnya bedanya harus memerankan dengan gaya yang
berbeda, siswa yang lain menilai sesuai dengan rubrik yang diberikan guru
10. Setelah selesai guru menanyakan bagaimana penilaian siswa
terhadap temannya
11. Bacaan yang tadi diperankan dimunculkan videonya (artinya
bacaan tadi bisa diambil dari video)
12. Setelah itu evaluasi bersama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar